Dilantik, 50 Anggota DPRD Banjarnegara Periode 2019 – 2024

DS – Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara periode 2019 – 2024, Rabu (14/08) siang dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara Kelas II, Ruditomo Suritomo di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banjarnegara. Pelaksanaan pelantikan ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Pengadilan yang ditirukan oleh semua anggota DPRD baru yang dilantik.

“Dari total anggota, 49 anggota DPRD diambil sumpah dan janji secara Islam dan 1 orang secara nasrani” kata Sekretaris DPRD, Catur Subandrio, Rabu (14/08) di lokasi acara.

 

pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Banjarnegara periode 2019 – 2024 yang baru

 

Setelah pengucapan sumpah dan janji dilanjutkan dengan penandatangaan secara simbolis naskah pelantikan oleh dr Amalia Desiana. Kemudian, Ketua Pengadilan Negeri secara simbolis memasang Pin DPRD pada dr Amalia Desiana dari PDI Perjuangan. Dengan demikian, pelantikan anggota DPRD baru selesai, semua anggota DPRD kembali ke tempat duduk masing-masing.

 

Selanjutnya, kata Catur, acara diteruskan dengan serah terima Palu Sidang dari Ketua DPRD lama yang diwakili Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar, Bawono kepada ketua DPRD sementara dari partai pemenang PDI Perjuangan yakni dr. Amalia Desiana. Perlu diketahui, kata Catur, Ketua Dewan lama Nuryanto tengah menunaikan ibadah haji sehingga diwakili dalam acara ini.

 

Serah terima pimpinan DPRD lama ke Pimpinan DPRD sementara ditandai dengan penyerahan palu sidang.

 

Sedangkan buku memori serah terima jabatan dilakukan antara Wakil Ketua DPRD lama dari Fraksi PAN, Bambang Prawoto Sutikno kepada wakil pimpinan DPRD sementara  Khusnul Latoif dari PKB.

“Pimpinan DPRD sementara selanjutnya mengambil alih pimpinan sidang dan melanjutkan acara selanjutnya. Diawali pidato perdana selaku Ketua Dewan sementara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono” katanya.

 

Hadir ikut menyaksikan pelantikan Bupati – Wakil Bupati, jajaran Forkompinda, Sekda, Tokoh Masyarakat, Perguruan Tinggi, tamu undangan, dan anggota keluarga yang dilantik. Di penghujung acara semua anggota DPRD didampingi istri/suami menandatangani pakta integritas akan menjalan tupoksinya selama menjadi anggota Dewan disaksikan semua yang hadir. Selanjutnya, dilakukan pemberian ucapan selamat dari Bupati-Wakil Bupati bersama tamu undangan lainnya disusul oleh anggota keluarga.

 

Penandatanganan Pakta Integritas dan janji akan laksanakan tupoksi anggota DPRD sebagaimana aturannya

 

Di dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD baru. Dia berharap semua anggota DPRD segera bekerja melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai yang digariskan, mengingat masih banyak permasalahan yang harus ditangani.

“Jawa Tengah mengalami banyak kemajuan dalam pembangunan, namun di sisi lain Jawa Tengah masih menghadapi masalah kemiskinan, hingga menempatkan Jawa Tengah pada posisi bawah. Karena itu harapannya semua anggota DPRD segera bekerja menanganai masalah yang ada, sebab waktu sangat berharga” katanya.

 

Bupati Wabup dan Forkompinda memberi ucapan selamat pada anggota DPRD yang baru dialntik

 

Ketua DPRD sementara dr Amalia Desiana mengatakan dirinya siap untuk segera bekerja. Prioritas pertama yang akan dilakukannya adalah memenuhi dulu alat kelengkapan dewan.

“Selanjutnya kita mengikuti agenda yang ada, sambil menunggu penetapan ketua definitive” katanya. (*_eKo / ed DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.