Visi Dan Misi

  • Pengertian visi

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran itu adalah gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga. Ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Adapun rangkuman dari pengertian visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Visi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
  2. Visi merupakan suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
  3. Visi memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.
  • Pengertian Misi

Setelah mengetahui pengertian dari visi, maka kini Anda akan diajak mengetahui apa yang dimaksud dengan misi. Jika tadi sudah diungkap bahwa visi merupakan tujuan atau arah utama. Maka bisa dikatakan misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

  1. Suatu penjabaran dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.
  2. Misi merupakan suatu langkah ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkytan untuk dapat mencapai visi yang utama.
  3. Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

Pengertian Visi dan Misi dan Tujuan Secara Umum

Secara umum, visi merupakan tujuan utama atau main idea dari didirikannya suatu organisasi atau lembaga dan perusahaan. Intinya, visi menjadi alasan utama dari dibentuknya lembaga tersebut.

Dan ini sudah mendasar sehingga tidak mungkin sebuah organisasi didirikan tanpa adanya visi. Sedangkan misi secara umum adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi. Kedua istilah tersebut, yaitu antara visi dan misi keduanya saling berkaitan satu sama lain. Dengan tujuan utamanya secara umum adalah untuk memajukan dan mengembangkan lembaga, organisasi, atau perusahaan yang dibangun.

Visi dan Misi Organisasi

Di dalam organisasi pun juga dibutuhkan yang namanya visi dan misi. Organisasi tanpa visi dan misi ibarat rumah yang dibangun tanpa adanya pondasi. Sehingga itu menyebabkan rumah tersebut menjadi mudah retak dan roboh.

Nah, dalam membuat visi misi organisasi tentu tidak bisa instan, Anda harus benar-benar melakukan musyawarah untuk membentuknya. Dengan demikian, organisasi akan benar-benar hidup dengan visi misi tersebut. Dan tentunya visi misi yang dibuat dalam sebuah organisasi tidak jauh berbeda dengan nama organisasi tersebut.

Cara Membuat Visi dan Misi

Dalam membuat visi dan misi, tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, intinya adalah visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang tanpa adanya unsur terburu-buru. Harus benar-benar sesuai dengan cita-cita lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Dalam membuat suatu visi dan misi, juga harus dipertimbangkan secara matang untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.

Fungsi Visi dan Misi

Visi dan misi memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Dan ini penting untuk diketahui. Karena tanpa adanya visi dan misi, organisasi atau lembaga akan sulit untuk hidup dan berkembang. Nah, berikut adalah ulasan mengenai fungsi dari visi misi yang penting untuk diketahui.

Untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan

Sebagai dorongan untuk selalu maju dan berkembang

Untuk menghindari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan

Untuk senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang

Untuk memudahkan anggotanya yang ingin masuk ke perkumpulan tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan